Detail Berita

  • Home
  • Detail Berita
image image image
  • By Admin
  • Selasa, 07 Mei 2024

POSYANDU KECIPIR DESA MEKAR JAYA WAKILI TANAH BUMBU MENGIKUTI LOMBA POSYANDU TINGKAT PROPINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2024

Posyandu “kecipir” Desa Mekarjaya berkesempatan mewakili kabupaten Tanah Bumbu dalam ajang lomba Posyandu Tingkat Propinsi Kalimantan Selatan tahun 2024. (07/05/2024)

Kesempatan Posyandu Kecipir ini diperoleh setelah ditetapkan sebagai pemenang Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2024. Selain sebagai Posyandu Terbaik Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu, kader posyandu kecipir ibu Nusiati Ningsih dinobatkan sebagai kader terbaik Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2024 sehingga berhak mengikuti ajang serupa di tingkat Propinsi Kalimantan Selatan.

Penilaian lomba Posyandu tingkat Propinsi Kalimantan Selatan dilaksanakan pada hari selasa 7 Mei 2024 dan dikunjungi langsung oleh Tim Penilai Lomba Posyandu tingkat Propinsi Kalimantan Selatan, serta dihadiri pula oleh para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu diantaranya Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Kesehatan, Forkopimcam Angsana serta dinas instansi terkait lainnya.

Kepala Desa Mekar Jaya, Yono dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pembinaan baik kabupaten, kecamatan, Puskesmas, instansi lintas sektor serta kader-kader posyandu di Desa Mekar Jaya. Kami berharap dan siap jika diberi kesempatan untuk mewakili Kalimantan Selatan di lomba posyandu tingkat nasional, imbuhnya. Sedangkan inovasi dalam lomba posyandu ini, Posyandu Kecipir menampilkan beberapa Inovasi diantaranya, Tim Andalan Peduli Ibu Hamil (TAPIH), Galang Kepedulian Pihak Ketiga (GAKPENAK), Gerakan Remaja Sehat Mekar Jaya (GEMAS MEJA), dan beberapa Inovasi PMT unggulan lainnya yang ditampilkan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas PMD Kab. Tanah Bumbu Bapak Samsir, menegaskan bahwa pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu di bawah pimpinan Bupati dr. H.M. Zairullah Azhar, M.Sc. berkomitmen sangat serius terhadap pembangunan khususnya bidang kesehatan dengan meningkatkan peran serta masyarakat secara aktif, hal ini ditunjukan dengan ditingkatkan nya insentif bagi kader Posyandu. Hal ini dilakukan dengan harapan memberikan dampak positif bagi peningkatan partisipasi masyarakat secara signifikan.

Ketua tim penilai Posyandu Tingkat Propinsi menyampaikan bahwa arah pembangunan kesehatan masyarakat melalui Posyandu adalah Integrasi Layanan Primer, yakni Layanan kesehatan masyarakat yang terintegrasi dengan program dan kegiatan posyandu, sehingga masyarakat bisa mendapatkan akses layanan kesehatan dengan lebih mudah dan terarah.

Sementara itu Camat Angsana Taryono,SP.Kp secara terpisah menyampaikan bahwa ini adalah perwujudan semangat memajukan Desa, Kecamatan, dan Kabupaten di Tingkat Provinsi. Serta merupakan proses memajukan posyandu dalam meningkatkan pelayanan dasar kesehatan di desa untuk menjadi lebih baik. Kecamatan Angsana saat ini memiliki 10 Posyandu aktif dengan 105 orang kader aktif dan 70 orang kader terlatih.